Mitos Jembatan Cinta, Sederet Keindahan Wisata Pulau Tidung

0
53
wisata pulau tidung

Bagi kamu yang tinggal di sekitar ibu kota Jakarta atau luar Jakarta, jika masih bingung dalam menentukan pilihan untuk berwisata saat liburan singkat. Ya, Kepulauan Seribu menjadi tujuan terbaik untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam tanpa perlu menempuh perjalanan terlalu jauh. Objek wisata disana sangat memanjakan mata, dengan suguhan pesona laut yang begitu menawan. Saat ini banyak sekali peket – paket wisata yang menawarkan untuk berlibur dengan tujuan Wisata Pulau Tidung.

Sebelum beranjak wisata apa yang ada di Pulau tidung, sedikit perkenalan tentang kehidupan warga disana. Warga pulau Tidung pada umumnya berprofesi sebagai nelayan dan pemandu wisata. Meskipun termasuk sebagai salah satu wilayah pinggiran Jakarta, pulau Tidung sudah memiliki banyak fasilitas umum seperti sekolah, klinik, pasar dan juga kantor pemerintahan. Objek wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah bersama dengan masyarakat setempat.

Saat ini wisata pulau Tidung sedang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Objek wisata satu terletak di gugusan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Daya tariknya yang eksotis dengan sebuah mitos yang melekat tentang cinta. Label tersebut asmara tersebut karena pada objek wisata Pulau Tidung terdapat sebuah Jembatan Cinta. Lokasi yang sangat strategis di sisi barat Pulau Tidung, Jembatan Cinta ini menjadi penghubung diantara dua pulau, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar yang dipisahkan oleh daratan, dengan memeilik panjang sekitar 800 meter.

jembatan cinta penghubung pulau

Jembatan tersebut dulunya masih berbahan kayu, namu saat ini pengelola sudah membangunnya secara permanen dengan didominasi cat yang berwarna biru. Kamu bisa menikmati keindahan pulau tidung dari Jembatan Cinta tersebut. Spot yang paling terkenal, pada sebuah jembatan yang berbentuk melengkung dengan cat pagar yang bewarna merah muda. Pada kolong jembatan ini bisa dilewati perahu atau speed boat kecil, dilokasi ini lah mitos asmara tersebut diyakini.

Meskipun banyak sekali fasilitas wisata yang ada di Pulau Tidung namun tetap saja mitos tentanag Jembatan Cinta tersebut yang menjadi daya tarik utama wisatan. Selain itu alam yang indah dan asri, dibarengi dengan pantai yang indah membuat lengkapnya keindahan Wisata Pulau Tidung. Sebagai objek yang diunggulkan, kamu bisa menanti sunset di bagian barat pada Jembatan Cinta tersebut. Tempat tersebut menajdi spot foto yang paling bagus untuk mengabadikan momen kamu bersama orang – orang tersayang. Meskipun setiap harinya banyak pengunjung berdatangan, naun tetap saja mulai sabtu sore hingga minggu merupakan waktu yang sangat padat didatangi oleh para wisatawan asing maupun lokal.

sunset di jembatan cinta

Baca Juga  5 Wisata Yang Ada di Malang Paling Hits

Selain hal yang telah disebutkan diatas, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan Wisata Pulau Tidung adalah menyelam. Merupakan slah satu kegiatan yang paling digemari oleh para wisatawan. Perairan Pulau Tidung menyimpan begitu banyak kekayaan laut, ikan-ikan yang berenang dan juga biota laut yang lain. Keindahan alam alaminya yang mempesona membuat kalangan backpackers Indonesia menyebut pulau Tidung sebagai new paradise. Dengan melakukan kegiatan menyelam kamu langsung berinteraksi dengan ikan – ikan kecil bewarna – warni yang sangat cantik.

Bukan hanya menyelam saja di Pulau Tidung juga menyediakan paket wisata Snorkling. Biayanya masih sangat terjangkau, kamu hanya perlu meneluarkan biaya sebesar Rp 35.000 untuk menyewa perlengkapan snorkeling. Tak usah takut bila belum berpengalaman dengan kegiatan Snorkling, sebab kamu juga bisa menyewa jasa pemandu snorkeling dengan biaya hanya Rp 100.000. Wisata bawah laut di Pulau memang mengasyikkan sekali, tak heran banyak orang yang betah untuk tinggal di Pulau tersebut. Selain itu, wisata airnya juga dilengkapi dengan wahana bermain seperti Banana Boat, Jetski, Kano, Donut Boat, dan lainnya. Khusus Jetski, kocek yang dirogok cukup dalam. Harga sewa sekali pakainya Rp 150.000 untuk 15 menit.

Bukan hanya objek wisat alam dan laut saja yang kamu dpatakan di Pulau Tidung ini. Beragam wisata kuliner juga bisa kamu dapatkan disini. Keripik sukun menjadi jajanan khas dari pulau ini, ketika berkunjung jangan sampai lewatkan kuliner yang satu ini ya. Selain itu kuliner masakan laut juga sangat beragam, yang siap menyambut kedatangan para wisatawan. Bila nantinya kamu berkunjung dan berniat untuk bermalam, tak usah bawa tenda sebab disana sudah banyak dibangun area penginapan. Peruahan tersebut sudah dibangun dengan desain modern, layaknya perumahan di kota – kota. Banyak pula warga setempat yang menjadikan rumahnya sebagai tempat penginapan. Untuk harganya pun sangat bervariasi, tergantung minat Beberapa penginapan berada didekat laut, sehingga menyuguhkan pemandangan pesisir laut yang sangat eksotis.

penginapan pulau tidung

Untuk menuju Pulau Tidung terdapat dua jalan alternatif. Pertama bisa melalui Dermaga Marina jika kamu dari dalam Ancol, yang menyediakan jasa mengantar ke Pulau Tidung dengan naik speed boat. Atau bisa juga melalui jalur Dermaga Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, dengan kapal berpenumpang banyak. Kedua jalur tersebut sama – sama baiknya menuju wisata pulau Tidung, namun jika kamu berkunjung bersama keluarga bisa mengambil jalur yang kedua.

Nah itulah pesona wisata dibalik keindahan Pulau Tidung dengan mitos Jembatan Cinta yang banyak diburu oleh wisatawan khusunya para anak muda. Selain menawarkan liburan yang  asyik dan seru, disanalah tempat mengabadikan momen terbaik diwaktu liburan. Bagi kamu yang punya banyak waktu cobalah untuk berlibur kesana ya sob !

Banyak Keindahan di Balik Mitos Wisata Pulau Tidung

LEAVE A REPLY